Pinkie Wonderland

'Gula-Gula' Tradisi Lebaran Turki
Rabu, 15 Juli 2015 | 0 comment(s)

Setelah berpuasa selama 1 bulan, umat Muslim akan merayakan Hari Lebaran. Yup! Lebaran adalah Hari Kemenangan yang sudah ditunggu-tunggu oleh umat Muslim sedunia. Tak hanya di Indonesia yang punya tradisi lebaran. Di berbagai belahan dunia, juga punya tradisi sendiri. Seperti halnya tradisi lebaran Turki.



Saat lebaran tiba, masyarakat Turki merayakannya dengan makan makanan manis. Nah, tradisi lebaran Turki ini disebut dengan festival “Gula-Gula” atau Festival Seker Bayram. Tradisi ini sudah berlangsung sejak lama-lama. Menurut warga setempat, makan makanan manis di Hari Raya, seperti lebaran, melambangkan kebahagiaan.
REPOL Seker Bayram 1
Kata ‘Seker’ artinya adalah manisan, sedangkan Bayram artinya adalah Perayaan Hari Libur secara Nasional. Jadi, jangan heran, ya, kalau kamu merayakan hari lebaran di Turki. Soalnya kamu akan menemukan banyaak sekali makanan manis. Hi..hi..hi..
Sesuai tradisi, festival Seker Bayram akan diisi dengan acara silahturahmi antar anggota keluarga. Orang yang lebih muda mendatangi anggota keluarga yang lebih tua untuk bermaaf-maafan. Nah, tamu-tamu yang datang akan disungguhi oleh beragam makanan manis, seperti permen, coklat, dan aneka makanan manis lainnya. Selain melambangkan kebahagiaan, suguhan manis-manis ini ditujukkan sebagai bentuk keramahan dan penghormatan bagi tamu yang datang ke rumah. Seruu, ya! Siapa yang mau coba berlebaran dengan tradisi lebaran Turki ?

credit: info bobo




Older Post . Newer Post